Langsung ke konten utama

Puasa Ramadhan tetap Bersepeda

Marhaban Ya Ramadhan 1444 H



MagelangBIKE mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444H yang Tahun 2023 ini awal Ramadhan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Selama kondisi dan jarak memungkinkan terus bersepeda ke tempat kerja / sekolah / kampus. Lakukan terus keBIKEan. 

Jika memang ingin bersepeda selama puasa, pastikan saat sahur maupun berbuka dengan menu yang disarankan oleh ahli gizi agar tubuh tetap fit selama puasa. Tidak perlu terlalu memaksakan diri. 

Dikutip dari https://serbasepeda.com/blogs/tips-bersepeda-saat-berpuasa/ Berikut sedikit tips bersepeda saat berpuasa untuk para pesepeda dan semoga bisa membantu agar puasa tetap lancar.

1. Bersepeda santai saja, hindari memforsir tenagaBiasanya kita akan tergoda saat ada tanjakan yang menantang untuk ditaklukkan atau saat ada turunan yang menggoda untuk melaju sekencang-kencangnya.
2. Sediakan waktu agak longgar untuk bersepeda. Misalnya pada hari biasa untuk jarak tempuh 25 Km kita butuh waktu 1 jam, maka saat puasa bisa kita perkirakan waktunya menjadi 1,5 jam agar di jalan bisa bersepeda dengan santai.
3. Untuk bersepeda di luar rutinitas, rencanakan perjalanan. Tentukan akan bersepeda kemana. Bersepeda tanpa tujuan hanya akan membuat lelah perjalanan. Lebih baik jika lokasi yang hendak dituju jaraknya tidak lebih dari 20 Km. Hindari rute yang memiliki sejarah macet yang sangat kelam. Jalan macet dapat meningkatkan emosi yang berpotensi mengurangi pahala.
4.   Untuk yang bersepeda di luar rutinitas, pilih waktu yang tepat. Setelah sahur atau menjelang bedug adalah waktu yang tepat untuk bersepeda. Bersepeda di kala mentari tegak berdiri akan menghabiskan banyak stamina. Hindari juga jam macet seperti jam pulang sekolah ataupun jam pulang kantor.
5.   Ambil jalur hijau.  Selain lebih segar tentunya pepohonan pinggir jalan yang rimbun akan membuat lebih nyaman dan terhidar dari sinar matahari yang langsung menembus kulit.
6.   Bersama teman pesepeda lain juga tentu lebih seru. Ajak teman-teman pesepeda yang lain untuk ikut meramaikankegiatan bersepeda. Atau agendakan sebuah acara bertajuk buka puasa bareng, ngabuburit bareng, sepedahan menjelang sahur, baksos featuring sepeda dan mungkin masih banyak yang lain. Lebih banyak teman, lebih banyak cerita dan lebih menyenangkan.
7.   Sahur yang baik dan benar. Jika tidak sahur, lebih baik urungkan niat untuk bersepeda. Bahaya jika pingsan di tengah jalan dan sedang macet-macetnya.
8.   Istirahat bila merasa lelah. Jangan paksakan fisik untuk bersepeda. Ambil napas yang banyak untuk mengisi kembali oksigen pada darah yang berkurang karena digunakan pada saat proses pembakaran energi.

 

Mudah-mudahan 8 tips bersepeda saat puasa ini bisa lebih memotivasi para pesepeda untuk tetap mencari pahala puasa di bulan ramadan, sehingga lebih bersemangat walau sedang berpuasa.  

Jika memang ada kesempatan, kami akan bikin acara NgabubuRIDE seperti beberapa tahun lalu yang rutin dilaksanakan saat bulan puasa. 

Berikut link video saat temanBIKE magelang bersepeda menuju tempat kerja. https://photos.app.goo.gl/zF5jjzhK6ag3jp3eA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9000 an Siswa SMP di Kota Magelang, Hanya 100 an yang bersepeda Ke Sekolah.

  Tanggal 7 - 21 Agustus 2023, Kami bersurat untuk melaksanakan survey Sekolah Ramah Sepeda. Atas bantuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, ada 20 Sekolah Menengah Pertama terdiri dari 13 Sekolah Negeri dan 7 Sekolah Swasta di Kota Magelang yang kami kirimkan survey melalui whatsApp. Butuh perjuangan guna mendapatkan data tersebut karena tidak semua sekolah langsung mengisi form yang kami kirimkan. Kuesioner kami buat dengan menggunakan googleForm guna memudahkan. Akhirnya di bulan September 2023 ini kami isian kuesioner terpenuhi 80% persen, 4 Sekolah Swasta tidak mengisi sampai tulisan ini dibuat. Kuesioner dibuat secara sederhana hanya untuk mengetahui data awal saja.   Hasil survey dapat kami sampaikan sebagai berikut, 16 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menjawab kuesioner kami terdiri dari 13 SMP Negeri dan 3 SMP Swasta. Pertanyaan pertama terkait fasilitas sepeda yang dimiliki, dari 16 sekolah yang menjawab 14 sekolah memilki fasilitas parkir sepeda bagi siswa dan

Kampanye Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik

  TemanBIKE, sampah plastik menjadi isu penting dalam menjaga lingkungan. Plastik merupakan salah satu pencemar tanah karena butuh waktu puluhan tahun untuk hancur. Hampir tiap kemasan kita selalu mendapatkan plastik kemasan.  Nah salah satu upaya dalam mengurangi ketergantungan akan kantong plastik, kami produksi tas kain yang dapat digunakan untuk wadah saat berbelanja. Kerennya lagi, biaya produksi tas kain ini dari donas sampah temanBIKE magelang yang disetorkan ke Bank Sampah Induk Kota Magelang yang dikelola DLH Kota Magelang. Sampah botol, koran bekas, ember pecah dikumpulkan dan disetor ke bank sampah yang hasil setorannya digunakan untuk produksi totebag cantik ini.  Yuk selamatkan bumi dengan pilah sampahmu dari rumah dan kurangi ketergantungan akan kantong plastik dengan membawa kantong tidak sekali pakai.

5 Desember 2022 Diperingati sebagai Hari Relawan seDunia

  Setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Relawan seDunia atau  International Volunteer Day. Dikutip dari Detik.com,"  PBB menetapkan Hari Sukarelawan Internasional ini sebagai salah satu upaya menunjukkan rasa terima kasih untuk para sukarelawan di seluruh dunia. Kegiatan sukarela merupakan salah satu mekanisme penyampaian yang paling vital untuk transformasi sosial, lingkungan dan ekonomi.  Melansir dari situs PBB, menjadi sukarelawan adalah memberi, berbagi, mendukung orang lain, mendukung hal-hal yang dipedulikan dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua orang. Banyak kegiatan MagelangBIKE yang didukung oleh relawan-relawan lintas komunitas pesepeda di Kota Magelang, ada minion magelang, mafelist, onthel magelang, sepeda lipat magelang, magelang NR, fixie magelang, dan masih banyak komunitas lain yang turut bergerak bersama. Kami sangat berterima kasih atas peran serta dan partisipasi dalam tiap kegiatan yg dilaksanakan magelangBIKE. Panjang umur pergera